Selasa, 12 Juli 2011

Definisi Linguistik

Linguistik merupakan sebuah ilmu yang mempelajari bahasa sebagai bagian kebudayaan berdasarkan struktur bahasa tersebut.
Para antropolog telah membedakan 7 unsur kegiatan manusia/kelompok masyarakat yang mencirikan kepribadian mereka sebagai berikut dibawah ini :
1.  Sistem mata pencaharian
2.  Sistem peralatan
3.  sistem masyarakat
4.  Sistem ilmu pengetahuan
5.  Agama
6.  Kesenian
7.  Bahasa
            Keseluruhan kegiatan anggota masyarakat dan corak kegiatannya dirangkumkan dengan satu pengertian yakni KEBUDAYAAN.  Bahasa merupakan bagian kebudayaan manusia.  Bahasa merupakan alat perekam kebudayaan.  Pada mulanya bahasa dianalisis menurut fungsinya sebagai alat perekam kegiatan kebudayaan.  Pengamatan bahasa dari luar atau studi di luar bahasa itu sendiri bersifat ekstralinguistik.
            Bahasa sendiri merupakan bagian kebudayaan dan hasil kegiatan kebudayaan itu sendiri.  Linguistik modern ingin mengembalikan otonomitas bahasa.  Ilmu yang memilih bahasa menjadi obyek analisis dan penelitiannya disebut LINGUISTIK.

1 komentar:

  1. Ass. wr. wb.
    k boleh tanya saya dari universitas siliwangi fakultas sastra indonesia semster 1. punya tugas tentang 1. apa yang di maksud dengan otonomitas >?
    2. mengapa linguistik bisa otonom
    3. dalam lingkup dunia lingiustik termasuk ilmu apa ?
    tolng di bantu ya ka

    BalasHapus